AHKAM AL-QUR'AN


Penulis:IBNU AL- ARABI
Kategori:Tafsir Fiqh
Mazhab:Maliki-Asyariyah
Terbit:1968 M


Jilid : 4 buah

Penerbit : Dar al-Ihya al-'Arabiyyah, Beirut

Kitab tafsir ini merupakan salah satu karya tafsir yang membahas berbagai dimensi hukum dalam Al-Qur’an yang berafiliasi pada madzhab Fiqh-Maliki. Di dalamnya menyoroti semua surat dalam Al-Qur’an, tetapi hanya ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah hukum saja.

Sistematika penulisannya diawali dengan penyebutan surat, lalu mengidentifikasi ayat-ayat hukum yang ada di dalamnya secara berurutan, di mana beberapa ayat tersebut kemudian dijelaskan dan diambil kesimpulan hukumnya.

Pembahasan tafsir ini disandarkan pada pendekatan bahasa dan hadis yang diriwayatkan dari Nabi atau para sahabat yang memiliki kekuatan hukum. Penulis juga di dalamnya berusaha mengklarifikasi kualitas (ke-tsiqat-an) para perawi hadis dan melakukan perbandingan madzhab fiqh, sekaligus menguatkan pandangan madzhab Maliki dengan berbagai argumentasinya.

Selain tafsir ini, Ibnu Al-‘Arabi sebenarnya juga melahirkan karya tafsir lain, yang tidak dikategorikan sebagai Tafsir Fiqh, yaitu “Anwar al-Fajr fi Tafsir Al-Qur’an”dan “Qanun at-Ta’wil fi Tafsir Al-Qur’an” .

(Keterangan ini merujuk pada kitab “Al-Tafsir wa al-Mufassirun” karya Muhammad Husain Adz-Dzahaby dan kitab “Al-Mufassirun Hayatuhum wa Manhajuhum” karya Sayyid Muhammad Ali Iyazi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar