AHKAM AL-QUR'AN


Penulis:AL-JASHSHASH
Kategori:Tafsir Fiqh
Mazhab:Hanafiah-Mutazily
Terbit:1985 M


Jilid : 5 buah

Penerbit : Dar Ihya at-Turas al-Arabi (Beirut).

Tafsir ini dianggap salah satu kitab tafsir penting di antara kitab-kitab tafsir yang berhaluan fiqh Hanafi. Dikatakan demikian karena tafsir tersebut lebih mengagung-agungkan dan membela mazhab hanafi.

Kitab ini memaparkan semua surah Al-Qur'an, namun hanya ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum saja. Kendati mengikuti alur urutan surah-surah Al-Qur'an, kitab ini juga disistematisasi berdasarkan bab-bab fiqh. Setiap babnya diberikan judul sesuai dengan masalah yang ada di dalam ayat tersebut berdasarkan pandangan penulisnya. Penjelasannya tidak berusaha mengambil kesimpulan hukum dari ayat-ayat, tetapi lebih cenderung mengangkat problematika fiqh dan perbedaan pendapat antar ulama, sampai-sampai agak identik dengan kitab-kitab fiqh perbandingan (muqaran).

Di dalamnya juga diulas ayat-ayat yang berkaitan dengan teologi, hanya saja penjelasannya cenderung menguatkan pendapat kalangan Mu'tazilah dan ini berpengaruh pada tafsirnya. Hal ini wajar sebab ia begitu fanatik dengan mazhab teologi yang diyakininya tersebut, sebagaimana diakui oleh Penulis sendiri dalam Mukaddimah kitab tafsir ini.

Pembahasan tafsir ini merujuk kepada riwayat dari Nabi Saw., para sahabat, dan para tabi’in, serta pendapat ahli fiqh dari kalangan madzhab Hanafi. Bahkan, dalam hal yang terakhir ini terlihat begitu fanatik dan dominan.

(Keterangan ini merujuk pada kitab “Al-Tafsir wa al-Mufassirun” karya Muhammad Husain Adz-Dzahaby dan kitab “Al-Mufassirun Hayatuhum wa Manhajuhum” karya Sayyid Muhammad Ali Iyazi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar