LUBÂB AT-TA’WÎL FI MA’ÂNI AT-TANZÎL


Penulis:AL-KHAZIN
Kategori:Tafsir bil Matsur
Mazhab:Syafii-Asyariyah
Terbit:725 H


Tafsir ini lebih populer dengan sebutan tafsîr al-khâzin. Tafsir ini sangat terkenal. Penafsirannya didasarkan atas riwayat meskipun tidak menyebutkan sanadnya.

Tafsir al-Khazin dinilai sebagai ringkasan (mukhtashar) dari “Tafsir al-Baghawi” karya Husain bin Mas’ud al-Baghawi – yang juga merupakan ringkasan dari “Tafsir ats-Tsa’labi” karya Ahmad bin Muhammad ats-Tsa’labi. Karena itu, tafsir ini dianggap “ringkasan atas ringkasan” (mukhtashar li mukhtashar), yang di dalamnya hanya berisi cuplikan dan kutipan yang selektif, dengan menghilangkan rangkaian sanad dan menghindari penjelasan yang panjang. Ini dimaksudkan agar bisa memberikan kemudahan bagi para pembacanya dan kitab ini bisa lebih bermanfaat, demikian ditegaskan oleh an-Nasafi.

Tafsir ini dikategorikan Tafsir bil Ma’tsur karena banyak sekali mengangkat riwayat dalam penafsirannya, termasuk berbagai kisah sejarah dan cerita Israiliyat. Dalam hal ini, pengarang kitab tafsir ini menegaskan bahwa riwayat-riwayat itu merujuk pada kitab-kitab yang diperhitungkan oleh para ulama, seperti kitab “Al-Jam’ Baina ash-Shahîhain” karya Al-Humaidi dan kitab “Jâmi’ al-Ushûl” karya Ibn al-Atsir. Hanya saja sangat disayangkan, ternyata beberapa kisah sejarah dan cerita Israiliyat di dalam kitab tafsir tersebut masih dipenuhi dengan kisah dan cerita yang batil (diragukan kebenarannya), sebagaimana terdapat pada kitab rujukannya (“Tafsir al-Baghawi” dan “Tafsir ats-Tsa’labi”). Terhadap hal itu, Ali Iyazi mengklarifikasi, “Sesungguhnya Al-Khazin itu terkadang mengkritik sebagian cerita Israiliyat dan kisah palsu”.

Hanya ada satu karya tulis yang menyoroti tentang “Tafsîr al-Khâzin”, yaitu “Ikkhtishar Muhammad Ali Quthb” yang diterbitkan dalam dua jilid di Beirut, Libanon, Cetakan I, 1987.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar