BAHR AL-‘ULÛM


Penulis:AS-SAMARQANDI
Kategori:Tafsir bil Matsur
Mazhab:Hanafi-Asyariyah
Terbit:Tth. M


Kitabnya dikenal dengan Tafsîr Abu Laits as-Samarqandy, yang merujukkan penafsirannya pada riwayat-riwayat kalangan Salaf, baik para sahabat maupun tabi’in, seperti Abdullah ibn ‘Abbas, Abdullah ibn Mas’ud, Ubay ibn Ka’ab. Ia banyak menyebutkan riwayat dari mereka tetapi tanpa memberikan penilaian yang kritis terhadap isnâd (mata rantai perawi hadits).

Menurut adz-Dzahabi, tafsir ini mengkombinasikan corak pendekatan tafsir bi ar-riwâyat (menurut dalil naqli) dan tafsir bi ad-dirâyat (menurut dalil ‘aqli). Namun, karena lebih cenderung memilih dalil naqli daripada dalil ‘aqli setiap kali ada perbedaan antara keduanya, maka karya tersebut tergolong Tafsîr bi al-Ma’tsûr. As-Samarqandi tidak memulai dengan pendahuluan yang menjelaskan tentang metodologi pembahasan tafsir sebagaimana umumnya, melainkan hanya sebuah bab pembuka tentang motivasinya untuk melakukan penafsiran.

Kitab ini sampai sekarang masih berupa manuskrip dalam dua bentuk, yang satu terdiri dari dua jilid sedangkan yang lain terdiri dari 3 jilid, yang terdapat di perpustakaan Universitas al-Azhar, Mesir.

(Keterangan ini merujuk pada kitab At-Tafsîr wa al-Mufassirûn karya Muhammad Husain Adz-Dzahaby dan kitab Manâhil al-‘Irfân fi ‘Ulûm al-Qur’ân karya az-Zarqani).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar